Apakah Ada Ulama Islam yang Selibat?

Mau adu ayat, mau omong teologi, mau eyel eyelan? Silakan anda lakukan di Forum ini, selama anda tidak melakukan ancaman fisik

Apakah Ada Ulama Islam yang Selibat?

Postby Tibandenker » Tue Jan 24, 2012 5:08 pm

Apakah ada ulama Islam yang tidak kawin berdasarkan keyakinannyya? Ada yang bilang ada ulama Sufi yang begitu. Apakah ada yang tahu?
Tibandenker
 
Posts: 685
Joined: Tue Dec 30, 2008 1:45 am

Re: Apakah Ada Ulama Islam yang Selibat?

Postby BuPunSu » Wed Jan 25, 2012 9:50 pm

Gimana mau ada ban. wong buku pakemnya justru melarang celibacy koq. Menurut ulama kan menahan syahwat terus2an kan ga manusiawi.
Seumur2 belum pernah denger ada orang islam mau sufi atau aliran manapun yg mau selibat. Kalo ada, boleh kasih aku referensi/linknya . very interesting tentunya karena akan ditentang habis2an oleh yg main stream wong 1 aja kadang ga cukup koq...
As a man thinketh, so is he...
BuPunSu
 
Posts: 200
Joined: Wed Sep 16, 2009 9:22 pm

Re: Apakah Ada Ulama Islam yang Selibat?

Postby Tibandenker » Mon Jan 30, 2012 11:48 pm

BuPunSu, ketemu juga nih cerita tentang wali yang wadat (selibat).

MUTIARA BATU SANGKA BANGKALAN
BISMILLAH WA BIL MUSTHOFA...
Bermula dari buah cinta di batu sangka bangkalan jawa timur,cucu kanjeng sunan Ampel surabaya berdakwah dan menyiarkan Islam ke segenap penjuru pulau Madura.Kanjeng Sunan Bonang sebagai putra kanjeng sunan ampel surabaya,kakak kandung kanjeng sunan Drajat,yg banyak di sebut dalam cerita rakyat atau dalam Babat Tanah jawa sebagai Wali wadat ( wali yg senantiasa membujang ) atau ada yg menceritakan tidak membujang, tapi tidak memiliki keturunan, ternyata dari perkawinan beliau yg kedua,beliau mempunyai permata yg begitu berharga,sebagai penerus perjuangan dakwah beliau, makanya kita harus sangat berhati-hati dalam menelusuri fakta sejarah para wali sebelum menghukumi.
Kanjeng sunan Bonang dalam pernikahan yg pertama tidak dikaruniai anak,kemudian setelah istri pertama beliau wafat, kanjeng sunan memutuskan untuk hidup membujang agar bisa lebih memfokuskan diri untuk beribadah,makanya dalam buku Babat Tanah Jawa beliau di juluki Wali Wadat. akan tetapi setelah beberapa tahun ada seorang santriwati beliau yg memaksa agar bisa menjadi istri kanjeng sunan, dengan cara apapun dia berusaha agar permohonannya di kabulkan. Maka akhirnya kanjeng sunan merasa kasihan dg santriwati itu, karena takut menyakiti perasaannya beliau menikahinya ( Jabrul Khotir ).
Dari pernikahan kanjeng sunan Bonang yg kedua beliau di anugerahkan Alloh dua orang anak, yg pertama beliau beri nama Husein ( yg terkenal dg sebutan sayyid Husein Batu sangkah,makam beliau ada di Bangkalan Madura ), anak beliau yg kedua adalah seorang putri yg terkenal dg putri palembang, karena di sunting seorang pangeran dari Palembang. Kemudian sayyid Husein Batu sangkah menikah dg seorang putri kerajaan cirebon,keturunan kanjeng sunan gunung djati,dan hnya mempunyai 1 orang putra yaitu sayyid Abdur Rohman,yg makamnya ada di desa Bireh Timur kecamatan Sokobanah kabupaten Sampang Madura Jawa Timur.

http://cinta313.blogspot.com/2011/06/mutiara-batu-sangka-bangkalan.html

Wah! Ternyata bener kamu Bu, gak ada ulama Islam yang bener-bener wadat (selibat) sampai akhir karena keyakinan agamanya. Akan tetapi Kanjeng Sunan Bonang setidak-tidaknya telah melepaskan status wadatnya karena kasihan dan tidak mau menyakiti hati santriwati yang kemudian menjadi isteri keduanya itu. Mustinya beliau ini dijadikan teladan oleh AA Gym, dan ulama-ulama lain yang merasa kurang kalau hanya satu isterinya.
Tibandenker
 
Posts: 685
Joined: Tue Dec 30, 2008 1:45 am

Re: Apakah Ada Ulama Islam yang Selibat?

Postby BuPunSu » Tue Jan 31, 2012 5:33 am

Akan tetapi Kanjeng Sunan Bonang setidak-tidaknya telah melepaskan status wadatnya karena kasihan dan tidak mau menyakiti hati santriwati yang kemudian menjadi isteri keduanya itu.


Jadi inget apologynya ustadz untuk membenarkan poligami kanjeng nabi nya . ( Belio punya istri banyak untuk membantu janda yang udah tua :D )
As a man thinketh, so is he...
BuPunSu
 
Posts: 200
Joined: Wed Sep 16, 2009 9:22 pm

Re: Apakah Ada Ulama Islam yang Selibat?

Postby metamorf » Tue Jan 31, 2012 10:28 am

Kalau mau merujuk pada ajaran islam yg mengutamakan sunatullah (hukum alam),
pastilah nggak bakalan ada umat islam yg nggak nikah.
apalagi bagi mereka yg 'tau persis' hakekat ajaran islam, pastilah mereka ingin beranak pinak
karena itulah hukum alam yg 'normal'.

islam menyadari betul adanya nafsu,
namun ajaran islam tidak mengajarkan untuk 'membunuh nafsu',
tapi lebih ke 'me-manage' (mengendalikan) nafsu itu.

Makanya pesan sang Nabi adalah; perang terbesar (musuh terbesar) manusia adalah hawa nafsu mereka sendiri.

Btw, tiban emangnya punya bakat jadi selibat?
nggak salah tuh?
be cool
User avatar
metamorf
 
Posts: 767
Joined: Sat Feb 21, 2009 6:45 am

Re: Apakah Ada Ulama Islam yang Selibat?

Postby Tibandenker » Thu Feb 02, 2012 12:29 am

Meta,

Soal 'sunatullah' kita bahas lain kali ya.

Kalo selibat itu bukan bakat tetapi pilihan. Ini untuk persiapan "Lengser Keprabon Madeg Pandito" ceritanya.
Tibandenker
 
Posts: 685
Joined: Tue Dec 30, 2008 1:45 am

Re: Apakah Ada Ulama Islam yang Selibat?

Postby metamorf » Thu Feb 02, 2012 3:49 am

Tibandenker wrote:Kalo selibat itu bukan bakat tetapi pilihan. Ini untuk persiapan "Lengser Keprabon Madeg Pandito" ceritanya.


nah, kalau soal 'pilihan',
tentunya di ajaran islam juga di jamin,
jangan kata hanya selibat, untuk menjadi 'kafir' (tanda kutip) di islam pun dipersilahkan kepada masing2 pribadi yang bersangkutan.

urusan beragama adalah urusan komitment,
sedangkan urusan dosa, pahala, surga dan neraka mutlak adalah otoritas Tuhan Allah.

------------------

yg lucu dalam islam, meski beranak pinak dan berpasang-pasangan di tekankan dalam islam,
namun sang Nabi pernah bersabda: yg bisa menjadi penghalang antara 'kamu' (manusia) dengan Allah adalah anak, istri, suami, atau harta benda dan kedudukan.

sampai disitu anda bisa pikirkan sendiri 'kemana' sabda itu di tujukan.
pula, anda berencana selibat setelah 'kenyang makan kehidupan'
tentunya akan berbeda dg selibat bagi orang yg 'tak pernah makan kehidupan'.
be cool
User avatar
metamorf
 
Posts: 767
Joined: Sat Feb 21, 2009 6:45 am

Re: Apakah Ada Ulama Islam yang Selibat?

Postby Tibandenker » Mon Jul 30, 2012 9:00 am

[quote]nah, kalau soal 'pilihan',
tentunya di ajaran islam juga di jamin,
jangan kata hanya selibat, untuk menjadi 'kafir' (tanda kutip) di islam pun dipersilahkan kepada masing2 pribadi yang bersangkutan.
/quote]

Tolong dijelaskan apa bedanya antara menjadi 'kafir' dengan menjadi 'murtad'? Kalo tidak salah ada ayat dalam Al Qur'an yang bunyinya menghalalkan darah orang yang menjadi 'murtad'. Bahkan orang kafir pun kalo ketemu di jalan disuruh dihabisi bukan?
Tibandenker
 
Posts: 685
Joined: Tue Dec 30, 2008 1:45 am

Re: Apakah Ada Ulama Islam yang Selibat?

Postby BuPunSu » Tue Jul 31, 2012 9:51 am

Tolong dijelaskan apa bedanya antara menjadi 'kafir' dengan menjadi 'murtad'? Kalo tidak salah ada ayat dalam Al Qur'an yang bunyinya menghalalkan darah orang yang menjadi 'murtad'. Bahkan orang kafir pun kalo ketemu di jalan disuruh dihabisi bukan?


hallo ban.. lama ga nongol..., thread ini apa masih dibaca ama si Metong ? kalo nggak gua yang wakilin jawab yah.. Ada 2 jawaban atas pertanyaanmu nak ban.. mau jawaban dari islam versi siapa dulu ?

Kalau versi Meta : Harus liat konteks dong ban... agama islam diberikan untuk kaum yang berpikir . Masa semua kafir/murtad mau di bantai yah jelas ber tentangan dengan 'ruh islam 'yang sesungguhnya. Kalaupun di alquran ada tulisan seperti itu tentu harus di mengerti hanya sebagai suatu fakta sejarah yang sesuai dengan jamannya. Jadi kita harus memakai akal pikiran kita untuk menelaah apakah sepenggal ayat itu bersesuain tidak dengan sifat2 nabi yang mulia dan lemah lembut seperti yang beliau perlihatkan di Mekah dengan perjanjian yang melindungi umat kristen dan yahudi disana . Islam agama toleran bro..

Nah kalo versi Prime : yah jelas kalo murtad harus dibasmi dong. Masa pengkhianat didiamkan ? Dimana2 juga kalau anda berkhianat terhadap negara pasti akan menerima resikonya apalagi ini berani meninggalkan aqidah dan berpaling dari agama auwloh yah sudah selayaknya kalo mereka di habisi.

Gak persis sama sih, tapi kira2 gitu deh nadanya...
As a man thinketh, so is he...
BuPunSu
 
Posts: 200
Joined: Wed Sep 16, 2009 9:22 pm

Re: Apakah Ada Ulama Islam yang Selibat?

Postby Tibandenker » Mon Aug 06, 2012 10:39 am

Halo BuPunSu, iya gw lama gak nongol, lagi sibuk, dan juga gak rame sih diskusinya, sepi-sepi aja.

Yang lebih umum rasanya jawaban versi Prime deh, jawaban Metta akan dibantai juga sama si Prime karena dianggep kagak asli Islam.

Yang lagi semanget itu Encik Erusi dari Malaysia, dengan jurus-jurus Goban-nya.

Kadang-kadang gw merasa diskusi ini sia-sia, gak ada titik temunya, dan mungkin tidak bermanfaat buat sidang pembaca.
Gimana tuh kalo gitu Bups?
Tibandenker
 
Posts: 685
Joined: Tue Dec 30, 2008 1:45 am

Re: Apakah Ada Ulama Islam yang Selibat?

Postby BuPunSu » Tue Aug 07, 2012 8:57 am

Yang lebih umum rasanya jawaban versi Prime deh, jawaban Metta akan dibantai juga sama si Prime karena dianggep kagak asli Islam.


Benul.. emang aneh juga sih .. Islam moderat yg "katanya" lebih banyak dari ekstrimist tapi kok jadi susah dibedain kalo udah menyangkut topik ini yah ?


Kadang-kadang gw merasa diskusi ini sia-sia, gak ada titik temunya, dan mungkin tidak bermanfaat buat sidang pembaca. Gimana tuh kalo gitu Bups?


Mungkin bener kalo bagi yg diskusi ga banyak artinya karena biasanya mereka udah fixed pendapatnya ga bisa diubah, tapi yah walau seperti menggarami lautan, percayalah mungkin juga ada pihak lain yang baca dan jadi berpikir atau at least mulai meragukan apa yg sudah diindoktrinasikan di benaknya dari lahir. Teruskan perjuanganmu bro...
As a man thinketh, so is he...
BuPunSu
 
Posts: 200
Joined: Wed Sep 16, 2009 9:22 pm

Re: Apakah Ada Ulama Islam yang Selibat?

Postby Tibandenker » Mon Jun 24, 2013 2:00 am

Kalau mau merujuk pada ajaran islam yg mengutamakan sunatullah (hukum alam),
pastilah nggak bakalan ada umat islam yg nggak nikah.
apalagi bagi mereka yg 'tau persis' hakekat ajaran islam, pastilah mereka ingin beranak pinak
karena itulah hukum alam yg 'normal'.

islam menyadari betul adanya nafsu,
namun ajaran islam tidak mengajarkan untuk 'membunuh nafsu',
tapi lebih ke 'me-manage' (mengendalikan) nafsu itu.

Makanya pesan sang Nabi adalah; perang terbesar (musuh terbesar) manusia adalah hawa nafsu mereka sendiri.


Setuju! Bahkan Nabi Muhammad SAW sendiri kalah perang dalam perang terbesar manusia itu.
Sampai di sini aku kecewa lagi sama Nabi Muhammad SAW yang lalu 'katanya' mendapat wahyu dari Allah yang membenarkan perbuatan Sang Nabi. Tanda tanya besar tentang 'wahyu' itu: Memang dari Allah atau maunya manusia Muhammad sendiri saja?????
Tibandenker
 
Posts: 685
Joined: Tue Dec 30, 2008 1:45 am


Return to Diskusi Agama

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest